laman

Kamis, 04 Februari 2010

Menjadi Pembina Ekstrakurikuler

Jika anda menjadi seorang guru, ada kalanya anda diberi kepercayaan untuk menjadi seorang pembina kegiatan ekstarkurikuler. Saya sarankan jangan sampai anda menolak kepercayaan kepala sekolah dengan alasan yang tidak bermutu. Minimal anda mengetahui sedikit hal-hal tentang kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa kegiatan Ekstrakurikuler yang sekarang sudah ada atau belum yang dapat dilaksanakan di sekolah diantaranya

1. OSIS

1) Kegiatan Osis

a. MOS

Masa Orientasi Siswa sering dikenal sebagai ajang GOJLOKAN kakak kelas atau senior terhadap sisiwa-siswa baru. Tapi sekarang bukan zamannya lagi. Hal inti yang perlu dikenalkan terhadap siswa-siswa baru adalah identitas sekolah, fasilitas-fasilitas, dan organisasi-organisasi yang bisa diikuti. Agar lebih menarik, kemas acara tersebut agar terkesan segar dan menyenangkan. Bukan kegiatan yang menakutkan seperti gojlokan, kekerasan dan lainnya.

b. Classmeeting

Classmeeting merupakan kegiatan sekolah yang biasanya dilaksanakan setelah ujian semesteran. Pada umumnya kegiatan classmeeting berupa perlombaab antar kelas. Bias dalam hal olahraga, keagamaan, seni, dan lainnya. Dapat berupa pertandingan individu, bisa juga berkelompok atau beregu.
Ada juga beberapa sekolah yang mengisi acara setelah semesteran bukan untuk perlombaan, melainkan kegiatan lainnya seperti halnya jalan-jalan ke tempat wisata terdekat, atau acara-acara outbound.

c. Perpisahan


2. PRAMUKA

Di Era sekarang ini banyak sekali sekolah-sekolah yang mewajibkan siswa-siswanya untuk ikut kegiatan kepramukaan. Akibatnya banyak perguruan tinggi keguruan yang mewajibkan kepramukaan. Dengan kata lain guru-guru sebaiknya mempunyai pengetahuan tentang kepramukaan. Dari itu saya menuliskan beberapa pengetahuan saya tentang kepramukaan

1) Kegiatan kepramukaan

Dalam setiap kegiatan, usahakan bukan anda yang terjun secara langsung. Anda cukup berperan di belakang. Didiklah siswa-siswa yang kelak akan menjadi senior. Dan tugas senior ini adalah mengajari junior-juniornya. Namun, jangan melepas secara total tugas pengajaran kepada pramuka senior, karena pramuka senior merupakan pemula. Walau mungkin mereka handal saat menjadi junior, tetap saja mereka pemula menjadi senior. Saran saya adalah berikan evaluasi pada setiap kegiatan. Selain itu berikan juga kesempatan kepada alumni yang berminat mengembangkan pramuka di sekolah anda.

1. Penerimaan Anggota Baru
2. Kegiatan Mingguan

Kegiatan mingguan merupakan kegiatan yang dilakukan rutin misalnya seminggu sekali dan biasanya diisi dengan materi-materi pramuka.

3. Pelantikan
4. Lomba-lomba
5. Perkemahan Akhir Tahun

2) Materi Kepramukaan

1. Baris Berbaris

Dalam baris berbaris ada 2 tingkatan

a) Dasar

a. Siap
Aba-aba: Siap Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba”Siap Grak”, barisan berdiri tegak, tangan mengepal, jempol lurus dan genggaman tangan kira-kira berada pada jahitan celana

b. Hadap Kanan
Aba-aba: Hadap Kanan Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Hadap Kanan Grak”, barisan melangkahkan kaki kiri ke depan kaki kanan. Kaki kanan diputar 90 derajat searah jarum jam. Kaki kiri menutup”ke arah kaki kanan”.

c. Hadap Kiri
Aba-aba: Hadap Kiri Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Hadap Kiri Grak”, barisan melangkahkan kaki kanan ke depan kaki kiri. Kaki kiri diputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam. Kaki kanan menutup”ke arah kaki kiri”.

d. Balik Kanan
Aba-aba: Balik Kanan Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Balik Kanan Grak”, barisan melangkahkan kaki kiri ke depan kaki kanan. Kaki kanan diputar 180 derajat searah jarum jam. Kaki kiri menutup”ke arah kaki kanan”.

e. Balik Kiri
Ini adalah salah satu aba-aba yang salah. Jika pemimpin mengucapkan aba-aba ini maka barisan mengucapkan “Siap Aba-aba Salah”

f. Hormat
Aba-aba: Hormat Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Homat Grak”, barisan mengangkat tangan kanan. Semua jari lurus. Jari telunjuk tepat pada alis.

g. Lencang Kanan
Aba-aba: Lencang Kanan Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Lencang Kanan Grak”, barisan paling kanan depan tetap dalam possi siap. Barisan paling depan mengangkat tangan 90 derajat dari posisi siap. Posisi tangan tetap lurus. Jadi putaran 90 derajat tidak langsung mengenai tangan kiri barisan lain melainkan melewati belakang punggungnya. Sedangkan barisan paling kanan selain paling depan pada posisi lencang depan. Jarak antara kepalan tangan dengan teman didepan kira-kira dua kepal.
Selesai: Tegak Grak

h. Lencang Kiri
Hampir sama dengan lencang kanan, hanya saja menggunakan tangan kiri. Karena aba-aba ini jarang digunakan, sebagian sekolah menganggap ini adalah aba-aba yang salah.

i. Lencang Depan
Aba-aba ini dilakukan hampir sama dengan lencang kanan.

j. Setengah Lengan Lencang Kanan
Hampir sama dengan lencang kanan, hanya saja posisi tangan memegang sabuk.

k. Luruskan
Aba-aba ini dilakukan hampir sama dengan lencang kanan. Hanya saja setelah barisan yang berada paling kiri belakang mengucapkan”Lurus” setelah barisan lurus, semua barisan kembali pada posisi lurus.

l. Istirahat Ditempat
Aba-aba: Istirahat Ditempat Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Istirahat Ditempat Grak”, barisan menggenggam pergelangan tangan kanan dengan menggunakan tangan kirinya. Posisi tangan dibelakang. Terletak pada sabuk bagian belakang.
Selesai : Siap Grak

m. Hitung
Aba-aba: Hitung Mulai
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Hitung”, barisan paling depan kecuali paling kanan, menoleh ke kanan. Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Mulai”, barisan menghitung mulai dari kanan, mulai dari 1. Setelah sampai paling kiri, barisan paling kiri belakang mengucapkan “Genap” jika pada barisan tidak ada yang kosong. Jika pada barisan kurang orang sebanyak x maka mengucapkan “Kurang x”

n. Jalan Ditempat
Aba-aba: Jalan Ditempat Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Jalan Ditempat Grak”, barisan mulai mengangkat kaki kirinya. Kemuadian jalan ditempat.
Selesai: Henti Grak
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba”Henti”, barisan tetap berjalan. Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba”Grak”, barisan melangkah satu kali kemudian ditutup pada posisi siap.
Catatan: Aba-aba “Grak” di ucapkan saat barisan pada posisi kaki kiri di depan.

o. Maju Jalan
Aba-aba: Maju Jalan
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba”Maju”, barisan tetap pada posisi siap. Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba”Jalan”, barisan mulai berjalan dimulai dari kaki kiri. Dengan gerakan tangan kanan sejajar kaki kiri. Sedangkan tangan kiri sejajar tangan kanan. Kira-kira sudut 45 derajat.
Selesai: Henti Grak

p. Langkah Tegak Maju Jalan
Hampir sama dengan Maju Jalan, hanya gerakan tangan lebih kelihatan(90 derajat).

q. Bubar Barisan
Aba-aba: Bubar Jalan
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba”Bubar Jalan”, barisan hormat kepada pemimpin barisan. Pemimpin barisan membalas hormat. Pemimpin balik kanan, diikuti barisan.

r. Bubar tanpa hormat
Aba-aba: Tanpa Penghormatan Bubar Jalan
Pelaksanaan: Setelah Pemimpin mengucapkan aba-aba” Tanpa Penghormatan Bubar Jalan”, barisan langsung balik kanan dan bubar

b) Variasi

a. Langkah Zigzag
b. Buka Tutup Barisan

Variasi baris-berbaris ini terdiri dari dua aba-aba yaitu buka barisan dan tutup barisan.
Aba-aba: Buka Barisan Jalan
Aba-aba: Tutup Barisan Jalan


c. Balik Kanan Maju Jalan

Aba-aba: Balik Kanan Maju Jalan

d. Balik Kanan Langkah Tegak Maju Jalan

Aba-aba: Balik Kanan Langkah Tegak Maju Jalan

e. Belok Kanan
f. Dua Kali Belok Kanan
g. Hormat Kanan
h. Bubar Barisan

Bubar barisan dapat dilakukan dengan cara biasa, bisa juga dengan berbagai variasi. Bubar barisan yang menggunakan cara variasi biasa ditambah beberapa gerakan dan beberapa kata-kata. Kata-kata yang digunakan biasanya berupa nama identitas “sekolah atau pramuka”. Bisa juga yel-yel atau mars sekolah atau pramuka.

c) Memakai Tongkat
a. Hormat
b. Pundak Tongkat
c. Angkat Tongkat
d. Lempar Tongkat
e. Putar Tongkat
f. Tukar Tongkat

Tukar tongkat dilakukan oleh dua orang yang masing masing memegang tongkat ditangan kanannya. Orang-orang tersebut saling berhadapan pada jarak antara dua sampai tiga meter.
Pelaksanaan: Orang pertama melemparkan tongkat ditangan kanannya dan ditangkap orang kedua dengan tangan kiri. Begitu juga orang kedua melemparkan tongkat ditangan kanannya dan ditangkap orang pertama dengan tangan kiri.


2. Tali Temali

Beberapa simpul yang dapat anda pelajarai antara lain
1) Simpul Topi/Simpul Hidup
2) Simpul Mati
3) Simpul Anyam
4) Simpul Pangkal
5) Simpul Tambat
6) Simpul Kembar
7) Simpul Rantai

Simpul rantai merupakan simpul topi tang dibuat berulang-ulang. Jadi dapat dikatakan bahwa simpul rantai adalah gabungan beberapa simpul topi.

Beberapa kegunaan simpul adalah sebagai berikut
1) Untuk memasang tenda
2) Menyambung tongkat untuk bendera
3) Membuat drakbar
3. Morse
4. Simaphore
5. Lagu-lagu

Lagu Kepramukaan
1) Himne Pramuka

Kami pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satyaku kudharmakan
Dharmaku kubaktikan
Agar jaya
Indonesia
Indonesia tanah airku
Kami jadi pandumu


2) Mars Pramuka

Mars Pramuka adalah lagu khas yang dimiliki pramuka di suatu sekolah. Lagu ini merupakan identitas dari pramuka di setiap sekolah. Dengan kata lain setiap sekolah mempunyai mars pramuka yang berbeda-beda. Jadi segera buat mars pramuka disekolah kalian jika sampai saat ini belum ada.

Lagu Nasional
1) Indonesia Raya
2) Garuda Pancasila

Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar Negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

3) Padamu Negeri

Lagu lain
1) Sedang Apa
2) Melani-melani

Yel-yel

Yel-yel biasa dibuat oleh setiap kelompok anggota pramuka. Yel-yel yang dibuat merupakan identitas dari kelompok. Namun kelemahannya adalah yel-yel tersebut akan hilang seiring bubarnya setiap kelompok. Saran saya adalah buat yel-yel yang menjadi identitas pramuka. Yel-yel ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan mars pramuka. Hanya lebih baik kalau yel-yel ini bukan dalam bentuk lagu melainkan dalam bentuk ucapan lantang yang di suarakan serentak melambangkan kekompakan suatu tim. Pertama yel-yel ini hanya diucapkan senior. Kemudian diajarkan ke junior. Agar yel-yel ini tidak punah, suarakan setiap memulai kegiatan dan saat akan mennggalkan kegiatan.

6. Tepuk Tangan

1) Tepuk Tunggal
2) Tepuk Pramuka

7. Senam Pramuka

8. Dasa Dharma Pramuka
Bunyi dari Dasa Dharma Pramuka adalah sebagai berikut:
Dasa Dharma Pramuka
Pamuka itu
1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih saying sesame manusia
3. Patriot yang sopan dan ksatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin terampil dan gembira
7. Hemat cermat dan bersahaja
8. Disiplin berani dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

9. Dwi Dharma Pramuka

10. Tri Satya Pramuka

11. Pancasila
Bunyi Pancasila adalah sebagai berikut
Pancasila
1. KeTuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

12. Pembukaan UUD1945

3) Struktur Organisasi Pramuka
Contoh Stuktur Organisasi Pramuka di SMA






3. PASKIBRA

Paskibra merupakan pasukan yang bertugas mengibarkan bendera pada upacara terutama upacara memperingati kemerdekaan Negara kita. Pada upacara tersebut terdapat tiga pasukan yaitu
Pasukan 17
Pasukan 8, dan
Pasukan 45


4. PMR
5. PASUS
6. PKS
7. Keagamaan


Contoh: untuk Agama Islam
1. Kegiatan Keagamaan Islam
a. Adzan

Para pengurus bergiliran adzan setiap harinya. Di sekolah Adzan yang bisa dilaksanakan adalah Dzuhur dan Asar.

b. Sholat Jum’at

Yang berperan sebagai muadzin adalah pengurus yang sebelumnya sudah diberi pelatihan oleh senior atau pembina. Sedangkan yang khutbah adalah pembina, kyai atau ustad setempat.

c. Kuliah Pagi
d. Pengajian

8. Olahraga
Beberapapa olahraga yang biasa masuk di sekolah antara lain
1) Basket
2) Sepak bola
3) Volly
9. Musik

Beberapapa jenis musik yang biasa masuk di sekolah antara lain
1) Band
2) Alat musik trasisional seperti Rebana atau Gamelan
3) Drumband


10. Seni
Beberapapa seni yang biasa masuk di sekolah antara lain
1) Lukis
2) Tari

Pada umumnya yang berminat dengan tari adalah perempuan. Tapi jika Anda ingin tari yang bisa diminati baik laki-laki maupun perempuan, Anda bisa memilih beberapa tari tradisional yang harus dilakukan oleh pasangan laki-laki dan perempuan. Bisa juga dengan dance-dance modern yang berkembang sekarang ini.

3) Drama

11. Komputer
Berkut Program-program yang dapat Anda pilih
1) Ms word

Berikut merupakan beberapa materi mengenai Ms Word
Menggunakan Keyboard pada computer
Ctrl+A berarti menge-blok semua
Ctrl+B berarti menebalkan tulisan(Bold)
Ctrl+C berarti mengkopi(copy)
Ctrl+S berarti menyimpan(save)
Ctrl+V berarti(paste)
Ctrl+X berarti(undo typing)


2) Excel
3) Access
4) Power Point
5) Corel Draw
6) Photoshop
7) Flash
8) Autocad
9) Solid Work
10) Catia
11) 3DMAX
12) Pascal
13) C++
14) S+
15) Visual Foxpro
16) Visual Basic
17) SPSS
18) Matlab
19) Mysql

Selain itu, dapat juga yang lebih dari sekedar Komputer seperti halnya
1) Internet
a. WEB
b. Blog
2) Teknisi

1 komentar:

  1. saya sdg mdpt tugas dr sklh u membuat simpul rantai. bisa tolong dijelaskan cara membuatnya.

    BalasHapus